PENGANTAR ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR (ISBD)
PENGANTAR ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
(ISBD)
A.
HAKIKAT DAN RUANG
LINGKUP ISBD
1.
Hakikat ISD IBD
Secara garis besar ilmu dan pengetahuan dikelompokkan
menjadi tiga macam,yaitu:
a.
Ilmu alamiah (natural
sciences)
b.
Ilmu Sosial (social
sciences)
c.
Pengetahuan budaya (
the humanities)
ISBD mempunyai pokok yaitu hubungan timbale balik manusia
dengan lingkungannya. Adapun sasaran atau objek kajian ISD adalah sebagai
berikut :
1.
Masalah social yang
dapat ditanggapi melalui pendekatan sebdiri maupun pendekatan antar bidang.
2.
Keanekaragaman
golongan dan kesatuan social dalam masyarakat
Tujuan dari ISD sendiri yaitu membantu perkembangan wawasan
pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang
lebih luas.
Ilmu Budaya Dasar (IBD) merupakan kelompok ilmu dan
pengetahuan termasuk dalam kelompok pengetahuan budaya.
Tujuan dari IBD adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa
dengan cara memperluas wawasan pemikiran dan kemampuan kritikal terhadap
masalah-masalah budaya.
2.
Ruang Lingkup
ISD,IBD,dan ISBD
a.
Ruang lingkup dari ISD
adalah sebagai berikut :
1.
Individu,keluarga,dan
masyarakat.
2.
Masyarakat kota
dandesa
3.
Masalah penduduk
4.
Pelapisan social
5.
Pemuda dan sosialisasi
6.
Ilmu
pengetahuan,teknologi,dan kemiskinan
b.
Ruang lingkup yang
disajikan dari IBD adalah sebagai berikut :
1.
Manusia dan pandangan
hidup
2.
Manusia dan keindahan
3.
manusia dan keadilan
4.
Manusia dan cinta
kasih
5.
Manusia dan tanggung
jawab
6.
Manusia dan
kegelisahan
7.
Manusia dan harapan
c.
Sedangkan ruang
lingkup dari ISBD adala sebagai berikut :
1.
Pengantar ISBD
2.
Manusia sebagai
makhluk budaya
3.
Manusia dan peradaban
4.
Manusia sebagai
makhluk individu dan social
5.
Manusia,keragaman,dan
kesejahteraan
6.
Moralitas dan hokum
7.
Manusia,sains,dan
teknologi
8.
Manusia dan lingkungan
B.
ISBD SEBAGAI
MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB) DAN PENDIDIKAN UMUM.
1.
ISBD merupakan
kelompok MBB di Perguruan Tinggi
Menurut MENPEN RI
nomor 232/U/2000tenteng pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan
penilaian hasil belajar mahasiswa,maka kajian dan pelajaran dicakup dalam
program studi yang dirumuskan dalam kurikulum yang terdiri dari :
a.
Kelompok matakuliah
pengembangan pribadi
b.
Kelompok matakuliah
keilmuan dan keterampilan
c.
Kelompok matakuliah
keahlian berkarya
d.
Kelompok matakuliah
perilaku berkarya
e.
Kelompok matakuliah
berkehiduapan bermasyarakat.
2.
ISBD sebagai program
pendidikan Umum ( General Education)
ISBD
merupakan sebagai program umum yang bersifat mengantar mahasiswa yamg memiliki
kemampuan personal.
Kemampuan personal merupakan
kaitan dengan kemampuan individu untuk menempatkan diri sebagai anggota
masuyarakat yang tidak terpisahkan dari masyarakat itu sendiri.
Programpendidikan
umum yaitu untuk memperluas cakrawala.perhatian dan pengetahuan para mahasiswa
sehinggan tidak terbatas pada bidang pengetahuan keahlian serta golongan asal
masing-masing.
C.
ISBD SEBAGAI
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH SOSIAL BUDAYA.
ISBD
merupakan sebagai integarasidari ISD dan IBD yang memberikan dasar-dasar
pengetahuan social dan konsep-konsep budaya kepada mahasiswa sehinggan mampu
mengkaji masalah social,kemanusian,dan budaya.
Pendekatan
ISBD juga merupakan akan memperluas pandangan bahwa masalah
social,kemanusian,dan budaya dapat didekati dari berbagai sudut pandang.Dengan
wawasan sehinggan mampu mengkaji sebuah masalah kemasyarakat yang lebih kompleks,demikian
pula dengan solusi pemecahannya.
Comments
Post a Comment